Seminar Ketahanan Informasi

Pelajar NU Malang Ngaji 'Cyber'

Ketua LTN NU Kabupaten Malang, Yatimul Ainun saat memberikan materi tentang 'Ketahanan Informasi di Kalangan Pelajar NU'. (Foto: Nukita.id)

NUKITA.ID, MALANGPimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Malang menggelar seminar yang diminati para pelajar modern, yakni 'Seminar Ketahanan Informasi' yang sekaligus Launching Komunitas Jurnalistik 'Admin Pelajar NU' di SMK Al Islahiyah ,Singosari, Kabupaten Malang, Ahad (8/10/2017).

Acara yang dihadiri sekira 70 pelajar-pelajar NU se-Kabupaten Malang itu berupa dialog interaktif dan serap Aspirasi yang mengusung tema, “Membangun Ketahanan Informasi Indonesia Melalui Pelajar Cyber Kabupaten Malang”.

Narasumber didatangkan dari DPRD Provinsi Jawa Timur, H Fatchullah SH (Anggota DPRD Fraksi Kebangkitan Bangsa), dan ketua LTN NU Kabupaten Malang, Yatimul Ainun M Sos.

H Fatchullah SH menjabarkan perkembangan sosial politik teknologi informasi, komunikasi global, regional dan nasional serta dampaknya terhadap bangsa Indonesia termasuk organisasi NU dengan menyajikan materi yang cukup menarik digambarkan bahwa banyak musuh-musuh NU yang menginginkan agar organisasi NU yang besar ini hancur dengan cara 'softpower'.

"Perlu kita fahami bahwa ulama NU dikenal sebagai para pejuang dalam melahirkan NKRI, mempertahankan bangsa Indonesia dari serangan sekutu pemenang Perang Dunia II dan situasi krisis nasional waktu itu. Dan hingga saat ini pun NU tetap terus menerus memperjuangkan nilai-nilai keadilan dan kebangsaan dalam mengisi pembangunan nasional," kata pria yang akrab disapa Abah Fat ini.

Abah Fat juga mengajak para peserta untuk memetakan siapa kawan dalam barisan toleransi dan cinta NKRI serta siapa saja yang saat ini ingin menghancurkan NU dengan cara apapun.

"Menghancurkan NU melalui yayasan-yayasan kelompok radikal Wahabi dan LSM sosial media atau jaringan liberal, dengan dana dari luar negeri", tambahnya.

Sebelum mengakhiri paparannya, Abah Fat berpesan kepada generasi muda NU agar mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi, sehingga mereka mampu membela para Ulama NU dan NKRI dari serangan 'hoax' dan fitnah.

Pada sesi kedua, Ketua LTN NU Kabupaten Malang, Yatimul Ainun memberikan materi seputar jumlah pengguna internet dan media sosial serta potensinya terhadap kondisi perjalanan bangsa Indonesia ke depan dengan menyemangati agar para pelajar dapat menjadi pelaku teknologi digital dan tidak sekedar jadi budak dan buruh digital.

Ainun juga mengharapkan dengan dibentuknya APNU (Admin Pelajar NU) Kabupaten Malang dapat lebih mendominasi dan penyeimbang informasi yang akurat seputar Aswaja an Nahdliyyin di era digital.

Di akhir acara panitia menyempatkan mengumunkan delapan orang admin APNU Kab Malang, tiga orang dari IPNU dan empat orang dari IPPNU.

Panitia memberikan sertifikat seminar kepada para peserta sebelum meninggalkan tempat acara.(*)

Berita Lainnya

berita terbaru
Ulama Aswaja

NU dan Thoriqot Two in One .

22/07/2019 - 09:21

berita terbaru
Gerakan Pentong Koin NU

Dana KOIN Klunting MWC NU Turen Penuh Amanah

22/07/2019 - 07:55

Comments