Mendatangi Rapat Organisasi atau Mengajar

Foto: Nahdlatululama.id

NUKITA.ID, MALANG – Pertanyaan : Mana yang didahulukan, mendatangi rapat-rapat kepentingan Islam, ataukah mengajar agama dalam pesantren?.

Jawab : Mendahulukan yang lebih baik dan utama.

Keterangan, dari kitab:

Qawaid al-Ahkam fi Mashalih al-Anam [1]

إِذَا اجْتَمَعَتْ الْمَصَالِحُ اْلأُخْرَوِيَّةُ الْخَالِصَةُ فَإِنْ أَمْكَنَ تَحْصِيْلُهَا حَصَّلْنَاهَا. فَإِذَا تَعَذَّرَ تَحْصِيْلُهَا حَصَّلْنَا اْلأَصْلَحَ فَاْلأَصْلَحَ وَاْلأَفْضَلَ فَاْلأَفْضَلَ إِلَى أَنْ قَالَ فَإِذَا اسْتَوَتْ مَعَ تَعَذُّرِ الْجَمْعِ تَخَيَّرْنَا وَقَدْ يُقْرَعُ. وَقَدْ يَخْتَلِفُ فِي التَّسَاوِي والتَّفَاوُتِ وَلاَفَرْقَ فِيْ ذَلِكَ بَيْنَ الْمَصَالِحِ الْوَاجِبَاتُ وَالْمَنْدُوْبَاتُ .

Jika berbagai kepentingan ukhrawi murni berhimpun, jika mungkin diperoleh seluruhnya, maka hendaknya diambil semuanya. Jika tidak mungkin memperoleh seluruhnya, maka kita ambil yang lebih penting, lalu yang lebih penting (setelahnya) dan lebih utama kemudian yang lebih utama (setelahnya) … Jika semuanya sama penting dan utamanya, dan sulit mengambil semuanya, maka kita harus memilih di antaranya dan terkadang dengan diundi. Terkadang kepentingan-kepentingan ukhrawi itu berbeda-beda dalam kesamaan dan perbedaannya. Dalam hal itu tidak ada perbedaan antara yang wajib dan yang sunnah.

[1] Muhammad Izzuddin Ibn Abdissalam al-Sulami, Qawaid al-Ahkam fi Mashalih al-Anam, (Damaskus: Dar al-Qalam, 1421 H/2000 M), Cet. Ke-1, Juz I, h. 91.

Sumber: Ahkamul Fuqaha no.263
KEPUTUSAN MUKTAMAR
NAHDLATUL ULAMA KE-15
Di Surabaya Pada Tanggal 10 Dzulhijjah 1359 H. / 9 Pebruari 1940 M.

Sumber: Nahdlatululama.id

Comments