Essay Santri Competition 2017

PCNU Kabupaten Malang Adakan Lomba Essay Untuk Santri

Pamflet brosur lomba essay yang dinamakan "Essay Santri Competition" 2017 PCNU Kabupaten Malang. (Design: Dena Setya Utama/Nukita.id)

NUKITA.ID, MALANG – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang bersama seluruh banom dan Lembaga meliputi: Muslimat NU, Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Fatayat NU, IPNU, IPPNU, LP Maarif, dan RMI adakan "Essay Santri Competition" untuk para pelajar dan santri NU se-Kabupaten Malang.

Lomba dengan tema "Santri Masa Kini, Santri Literasi dan Mandiri" terbagi menjadi 2 kategori, tingkat SMP/MTs dan tingkat SMA/SMK/MA yang masing-masing dibedakan persyaratan dengan jumlah kata dalam setiap karya tulisnya.
 
Acara tersebut juga dalam rangka memperingati "Hari Santri Nasional" pada tanggal 22 Oktober, (22/9/2017) mendatang. Dalam rencananya lomba itu sudah berlangsung sekarang hingga tanggal 13 Oktober, (13/9/2017) untuk batas pengiriman karya.
 
Yusuf Bahtiar, koordinator lomba mengatakan jika kegiatan ini bertujuan untuk menjaring kader-kader NU muda masa kini untuk berani berkarya lewat tulisan.
 
"Seperti di tema, jadi kita sebagai pelopor generasi pelajar NU harus terus berupaya memberi wadah kepada calon-calon penerus agama dan bangsa," kata Yusuf.
 
Lomba menulis essay ini memberikan dua topik pilihan, generasi santri mandiri dan generasi santri milenial. Dengan dua pilihan topik tersebut diharapkan nantinya para peserta lomba bisa mengangkat karya terbaik dari yang terbaik sebagai santri generasi masa kini.
 
Selain Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang, NUKITA juga mendapat kehormatan menjadi juri dalam acara ini.
 
"Untuk juri kami meminta tolong ke Unira Malang sebagai lembaga pendidikan perguruan tinggi satu-satunya di Kabupaten Malang dan NUKITA sebagai media dan pers resmi PCNU Kabupaten malang. Jadi kami sangat percaya kepada beliau-beliau karena pasti akan memunculkan calon penulis-penulis handal NU," tambah Yusuf yang juga Ketua PC IPNU Kabupaten Malang.
 
Selain menuntut para peserta berkompetisi Yusuf juga menyampaikan jika para pemenang akan mendapat hadiah jika mampu menjadi juara. "Kami sudah menyiapkan uang pembinaan, trophy, dan sertifikat bagi para juara."
 
Yusuf menambahkan pemenang lomba ini akan di umumkan pada 15 Oktober, (15/9/2017) di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang bersamaan diadakannya "Gerak Jalan Sehat" untuk masyarakat umum.
 
Untuk puncak acara nya adalah pada tanggal 22 Oktober, (22/9/2017) akan diadakan upacara santri yang dilaksanakan di Lapangan Tumapel, Kecamatan Singosari.(*)

Comments