Menumbuhkan Semangat Patriotisme di Kalangan Pelajar

Pengasuh Ponpes Sumeleh Raudlatul Arifin, Kecamatan Tumpang, KH Syamsul Arifin saat memberikan sambutan pada acara DIKLATAMA CBP KPP di Tumpang pada Jumat, (15/9/2017). (Foto: Nukita.id)

NUKITA.ID, MALANG – "Pentingnya pendidikan kader sejak dini melalui diklat yang kontinyu guna menumbuh kembangkan jiwa patriotisme," itulah yang disampaikan oleh Pengasuh Pondok Pesantren (PP) Sumeleh Raudlatul Arifin, Desa Slamet, Kecamatan Tumpang, KH Syamsul Arifin dalam sambutanya di acara Diklatama "Diklat Pertama" CBP - KPP yang merupakan syarat sah menjadi anggota CBP - KPP yang di selenggarakan di PP Sumeleh Raudlatul Arifin, Desa Slamet, Kecamatan Tumpang pada Jumat, (15/9/2017).

Kiai Samsul menyampaikan jika pendidikan kader sejak dini seperti diklat akan menumbuhkan semangat patriotisme didalam membentengi dan mengembangkan ajaran aswaja ala thoriqoti nahdlatil ulama. "Karena dengan pendidikan dan latihan seperti ini tentu akan berpampak sangat bagus bagi anak-anak, seperti CBP dan KPP ini yang turut serta dalam pembinaan semangat patriotisme yang tetap berhaluan aswaja annahdliyyah."

"Bahwa aswaja annahdliyyah perlu ditanamkan kepada generasi muda sedini mungkin untuk antisipasi masuknya faham salafi dan wahabi yang akhir-akhir ini sasaran empuknya adalah para pelajar terutama di sekolah-sekolah umum, agar anak-anak bisa paham dan mengerti islam yang benar, islam yang rahmatal lil alamin," tegas beliau.

Lembaga Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) adalah sebuah lembaga kepanduan yang dimiliki oleh IPNU dan IPPNU, seperti Kabupaten Malang sendiri sudah terbentuk Dewan Kerja Cabang (DKC) CBP yang di sekarang dibawah komando Sulton Hasanuddin, dan DKC KPP dibawah komando Sasa Arisatul Marifah.

Disisi lain Komandan DKC CBP Kabupaten Malang, Sulton Hasanuddin menyampaikan, jika peserta murni dari pelajar seperti SMA Diponegoro Tumpang yang turut mendelegasikan sebanyak kurang lebih 75 peserta di acara ini.

Sulton menambahkan jika tujuan acara ini adalah untuk menumbuhkan kedisiplinan dan jiwa pemimpin yang militan, "Untuk mencetak kader muda yang militan. Disiplin dan mempunyai sifat kepemimpinan yang baik."

"Insyaallah acara ini akan berlangsung dua hari berakhir besok dan di jadwalkan tiap tahunnya setiap pergantian pengurus osis, alhamdulillah kita tetap dilibatkan," imbuhnya.(*)

Comments