Ramadhan

Mencicipi Masakan Saat Berpuasa

Foto: Detik.com

NUKITA.ID, MALANGMemasak merupakan kebutuhan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan dan asupan tubuh yang didapatkan dari makanan. Pada bulan Ramadhan, aktivitas memasak menjadi kegiatan rutin wanita pada sore hari untuk mempersiapkan berbuka puasa. Mencicipi masakan menjadi hal yang seringkali memunculkan rasa bimbang pada wanita, karena adanya perasaan khawatir jika hal tersebut dapat membatalkan puasanya. Bagaimana sebenarnya hukum mencicipi masakan pada saat berpuasa?

Hukum mencicipi masakan pada saat berpuasa adalah boleh dan tidak makruh bila ada hajat dengan syarat  hanya sebatas lidah dan tidak sampai tertelan.  Jika seorang ibu ingin memberikan makanan pada bayinya dan jika cara yang dapat ia lakukan adalah dengan mengunyahkan makanan tersebut, maka sang Ibu diijinkan untuk mengunyah makanan itu dan memberikannya pada buah hati, namun tetap harus hati-hati supaya bekas atau sisa makanan tidak masuk ke dalam kerongkongan dan harus meludahkannya kembali. Namun bila tidak ada hajat maka dimakruhkan. Contohnya, mencicipi makanan karena lapar, maka hal ini jelas makruh dan jika makanan tidak melewati kerongkongannya maka tidak membatalkan puasa.

ومحل الكراهة ان لم تكن له حاجة اما الطباح رجلا كان او امراءة ومن له صغير يعلله فلا يكره في حقهما ذلك قاله الزيادي

“Dimakruhkan mencicipi makanan (bagi orang yang puasa…) tersebut bila memang bagi orang yang tidak ada kepentingan sedangkan bagi seorang pemasak makanan baik laki-laki atau perempuan atau orang yang memiliki anak kecil yang mengunyahkan makanan buatnya maka tidak dimakruhkan mencicipi makanan buat mereka seperti apa yang difatwakan Imam Az-Ziyaadi”.

Sumber : Nahdlatul-ulama.org

Comments