Dialog Milenial Utas di Argotirto Sumawe, Kepala Desa Ahmad Sholeh: Ada Potensi yang bisa di Kembangkan

berita terbaru nu kita
Foto : Yatimul Ainun dan Zulham Mubarak yang Merupakan Narasumber Dalam Diskusi Peran Pemuda di Era Digital
Selasa, 23 Februari 2021 - 14:43 WIB | Dilihat: 716

NUKITA.ID, MALANG – Milenial Utas, komunitas yang punya platform gerakan berbasis pemuda desa hadir dalam dialog yang digelar Karang Taruna Desa Argotirto Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang pada Selasa (23/2/2021) petang.

Secara khusus, Ketua Umum Milenial Utas Zulham A  Mubarak hadir dalam diskusi dengan tema Partisipasi Pemuda Dalam Pembangunan Desa di Era Digital ini. Zulham menjadi salah satu pembicara bersama dua pembicara lainya yakni Pemimpin Redaksi (Pemred) Times Indonesia Yatimul Ainun dan juga sang Kepala Desa Argotirto Ahmad Sholeh.

Diskusi dihadiri puluhan mahasiswa yang merupakan anggota Ikatan Mahasiswa Sumbermanjing Wetan (IMS). Adapula beberapa anggota Pemuda Pancasila (PP) yang dengan seksama hingga akhir sesi.

Dalam ceramahnya, Ketua Umum Milenial Utas, Zulham A Mubarak banyak mengulas seputar potensi desa. Pihaknya optimis, meskipun dengan potensi desa yang minim, selagi mau bergerak maka berdayalah desa tersebut.

"Meskipun desa minim potensi, tetap bisa berdaya. Yakni dengan menggali potensi yang ada dengan kreativitasnya masing-masing," terangnya.

Ia mengisahkan, di Jawa Tengah ada sebuah desa yang minim potensi. Zulham enggan menyebut nama desa tesebut, namun ia paham betul dengan sedikit bumbu kreativitas serta kemauan yang kuat, kini desa tersebut berkembang secara pesat.

"Dengan kreativitasnya dalam mengembangkan potensi yang ada, bisa maju seperti sekarang. Ini bisa dilakukan di Desa Argotirto ini," kata Zulham.

Ia menegaskan, tidak ada yang mustahil terkat pengembangan desa. Terlebih Desa Argotirto yang memiliki kepala desa dengan usia yang masih muda.

"Apalagi Kepala Desanya masih muda, sehingga masih memiliki semangat untuk mengembangkan desa," urainya.

Penting diketahui, pada awal sesi diskusi, moderator mempersilahkan ketua umum milenial utas Zulham A Mubarak untuk menjadi pembicara pertama. Setelah mic diterima Zulham, ia memberikan kesempatan pertama itu kepada Kepala Desa Argotirto Ahmad Sholeh yang belakangan diketahui masih berusia 35 tahun.

Diakhir sesi bicaranya, Zulham menekankan pentingnya memanfaatkan teknologi informasi dalam upaya pengembangan potensi desa khususnya Desa Argotirto.

Sementara, Kepala Desa Argotirto Ahmad Sholeh menyambut baik digelarnya dialog ini. Dalam kesempatan bicaranya, pihaknya banyak mengulas tentang potensi alam yang melimpah ruah di Desa Argotirto yang mencakup potensi wisata, pertanian, keindahan alam serta UMKM.

"Untuk potensi wisata, bisa melihat keindahan desa ini dari desa sebelah yakni Harjokuncaran," terangnya.

Namun, dari sekian banyak potensi tersebut, Ahmad Sholeh mengaku masih mencari potensi apa yang kemudian menjadi andalan desa Argotirto. Sehingga, pihaknya berharap agar ada tindak lanjut kongkrit dari dialog ini.

"Saya berharap melalui diskusi ini akan menghasilkan solusi atas pengembangan potensi yang ada desa ini," tegas Kepala Desa yang mengaku paling muda se Kecamatan Sumawe ini.

Masih menurut Ahmad Sholeh, pihaknya juga mengembangkan unit usaha lainnya melalui Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes. Salah satunya adalah sedang membangun ruko untuk unit usaha.

"Kami juga memiliki potensi sumber yang kualitas airnya sangat bagus dan bisa dikembangkan untuk air minum kemasan," tutupnya mengakhiri.


Pewarta : Azizah Zamzam
Editor : Fery Bahrudin
Tags : , , , , ,

Comments: