Sah! Andika Pimpin PAC IPNU Kecamatan Gedangan Satu Periode Kedepan

berita terbaru nu kita
Foto terpilih nya ketua IPNU Kecamatan Gedangan
Senin, 22 Februari 2021 - 07:27 WIB | Dilihat: 1.05k

NUKITA.ID, MALANG – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar NU (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) Kecamatan Gedangan gelar Konferensi Anak Cabang (Konferancab) ke-lll pada Minggu (14/2/2020) di Gedung SMA PGRI Gedangan.

Kegiatan tersebut merupakan momentum dipilihnya pemimpin baru yang akan menentukan langkah PAC IPNU IPPNU Kecamatan Gedangan kedepannya.

Acara dimulai dengan ceremonial pembukaan, dilanjut dengan Sidang Tata Tertib, Sidang Komisi, Sidang Pleno Laporan Pertanggungjawaban, dan Sidang Pleno Pemilihan Ketua. Peserta Konferancab ke III ini merupakan anggota IPNU IPPNU yang berasal dari keterwakilan Ranting dan Komisariat, dimana ada 7 ranting dan 5 komisariat di Kecamatan Gedangan. Satu ranting atau komisariat memiliki 2 hak pilih suara. Prosesi sidang Pemilihan Ketua IPNU dimulai pukul 17.00 Hinga pukul 20.30 wib.

Pada tahap pencalonan terdapat 2 kandidat yaitu Andika dan Rekan Yoga Dwi Sukmawan. Tahap selanjutnya, kedua calon tersebut bertarung dengan mekanisme voting. Hasil akhir, Andika mengantongi 9 suara sedangkan Yoga mendapat 4 suara. Dengan demikian, jumlah suara sah dalam konferancab tersebut 13 suara.

Sah, Andika menahkodai IPNU PAC Gedangan periode selanjutnya. Dalam acara yang sama, juga dilakukan pemilihan ketua Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU) PAC Gedangan. Proses ini dilakukan setelah terpilihnya ketua IPNU.

Penting diketahui, IPNU merupakan Badan Otonom (Banom) NU ditingkat pelajar yang beranggota pelajar laki laki. Sedangkan IPPNU merupakan organisasi yang sama beranggotakan pelajar putri NU. Keduanya berdiri dibawah naungan organisasi masyarakat terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU).

Pada sidang pleno pemilihan ketua IPPNU, ada 2 nama yang muncul menjadi kandidat yakni Khusnul Khotimah dan Firda Maulia. Khusnul Khotimah mutlak terpilih karena Firda Maulia harus gugur, tidak memenuhi persyaratan untuk menjadi kandidat yakni minimal punya 5 dukungan dari ranting atau komisariat.

Dengan demikian, Andika dan Khusnul Khotimah ditetapkan sebagai Ketua PAC IPNU IPPNU Kecamatan Gedangan masa khidmat 2021-2023. Penting diketahui, secara sistematis, IPNU IPPNU terdiri dari Pimpinan Pusat (PP) sebagai komando di tingkat nasional, Pimpinan Wilayah (PW) di tingkat provinsi dan Pimpinan Cabang (PC) setingkat Kabupaten Kota. Sedangkan Pimpinan Anak Cabang (PAC) menaungi tingkat kecamatan. Pada wilayah terbawah, terdapat ranting di desa dan juga komisariat yang memiliki wilayah kerja di instansi sekolah atau lembaga pendidikan lainnya.

Hadir dalam Konferancab ini, beberapa perwakilan dari instansi pemerintah hingga MWC NU beserta Banom dan Lembaga. Diantara yang hadir pada pembukaan Konferancab III adalah: Muspika Kecamatan Gedangan, Pemerintah Desa Gedangan, PC IPNU IPPNU Kabupaten Malang, MWC NU Kecamatan Gedangan, Muslimat NU, Fatayat NU, GP Ansor, Pagar Nusa, ISNU, Lazisnu, LTN NU, LP Ma'arif NU, Satkoryon Banser, dan Kepala SMA PGRI Gedangan.(*)

 


Pewarta : Azizah Zamzam
Editor : Fery Bahrudin
Tags : , , , , ,

Comments: