BEM Unisma Tanamkan Pendidikan Anti Korupsi dan Nilai Nilai Aswaja pada Siswa

Foto Bersama BEM UNISMA dengan Santri TPQ Wonorejo. (Foto: Istimewa)

NUKITA.ID, MALANG – Kegiatan Eksekutif Muda Membangun Desa yang dilakukan oleh BEM UNISMA masih terus berlanjut. Kali ini acara yang dilaksanakan yaitu sosialisasi pendidikan anti korupsi dan penanaman nilai-nilai aswaja (Ahlussunah Wal Jamaah). 

Diawali shalat maghrib berjamaah, lalu membaca pengajian Al-Qur’an selama sepuluh menit. Kegiatan ini bertempat di TPQ Wonorejo dengan diikuti oleh sejumlah santri yang sebagian besar berpendidikan tingkat dasar, Sabtu (31/10).

Bertindak sebagai host Ririn Alfiatu Rohimah, Diyaul Hakki sebagai pembicara pendidikan anti korupsi dan Dimas Fathur menjadi penyampai nilai nilai aswaja. 

Diyaul Hakki menyampaikan bahwa perilaku anti korupsi harus diajarkan sejak dini. “Memang tujuan dari kegiatan Kemensospolkumham ini untuk menanamkan pendidikan anti korupsi dan nilai-nilai aswaja sejak dini,” ungkap Deky sapaan akrabnya.

Sembilan nilai anti, kata Diyaul Hakki adalah. “Jadi adik adik, sembilan nilai yang harus diingat itu ialah: kejujuran, kedisiplinan, kepedulian, tanggung jawab, kerja keras, kesederhanaan, kemandirian, keberanian, dan keadilan. Nanti yang bisa menjawab pertanyaan dari kakak akan diberikan tas, dan buku anti korupsi,” sambung Diyaul Hakki dalam penyampaiannya.

Ia melanjutkan dialog bersama santri TPQ, dengan sejumlah pertanyaan. Santri yang dapat menjawab dengan benar mendapat tas dan buku anti korupsi hasil donasi dari KPK RI. 

Selanjutnya, penyampaian nilai-nilai Aswaja oleh Dimas Fathur. Ia menanamkan pengertian aswaja secara umum, bahwa ajaran aswaja ini merupakan ajaran yang sanadnya langsung pada nabi Muhammad SAW. 

“Lima karakter aswaja itu, at tawasuth, at tawazun, al-I’tidal, tasamuh, dan amar ma’ruf nahi mungkar,” terang Dimas dalam penjelasannya.

Dimas menjelaskan pengertian dari istilah tersebut secara terpernci.  Sebelum kegiatan berakhir BEM Unisma membagikan merchandise berupa tas totebag, tas kecil, buku anti korupsi, dan buku aswaja, lalu dilakukan pemasangan poster tentang pendidikan anti korupsi dan nilai nilai Aswaja. Diakhiri dengan salat isya’ berjamaah dan doa bersama santri TPQ Wonorejo.(*)

Comments