Pengurus LTN NU Dilatih Menulis Berita di Unira Malang

Pengurus LTN NU saat mengikuti pelatihan menulis berita di Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang, Senin (3/2/2020). (Foto: Nukita)

NUKITA.ID, MALANG – Untuk meningkatkan kualitas kepenulisan berita, Lembaga Ta’lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTN NU) Kabupaten Malang menggelar kepelatihan jurnalistik, khusus bagi pengurus LTN NU. Pelatihan digelar di Universitas Islam Raden Rahmat (Unira) Malang, Senin (3/2/2020).

Diketahui LTN NUm merupakanlembaga Nahdlatul Ulama yang bergerak dibidang penerbitan, informasi dan komunikasi (infokom).

Pengurus LTN NU yang mengikuti pelatihan tersebut sebanyak tujuh orang. Mereka yang akan mengelola website NUKita.id, yang merupakan milik LTN NU Kabupaten Malang. Pelatihan dimulai pada pukul 16.00 WIB, di ruang Galeri Investasi Syariah Unira, lantai II.

Dalam pelatihan tersebut diisi oleh Ketua LTN NU Kabupaten Malang, Yatimul Ainun. Dalam penyampaian materinya, ia banyak mengulas soal teknik menulis berita. Jenis-jenis berita, dan nilai berita. “Kunci menulis berita itu sangat mudah. Cukup 5W+1H,” kata pria berkacamata itu.

Ainun juga menegaskan bahwa setiap jurnalis tidak boleh beropini pada berita yang dibuatnya. Jurnalis hanya boleh menulis fakta yang dilihat, di dengar dan dirasakannya. “Gambarkan jangan katakan. Itulah jurnalis,” tegasnya.(*)

Comments