Gerakan Pentong Koin NU

Pergerakan KOIN NU di Kec Turen

Giat tasyaruf ranting NU Talok( fotoistimewa)

NUKITA.ID, MALANG – Gerakan Koin NU secara masif yang tumbuh dari bawah dan relatif lebih terstruktur di Kec Turen, Jawa Timur bisa dikatakan memang diinisiasi dan dimotori oleh MWCNU Turen.

Dengan dorongan dan arahan dari Instruktur Pengkaderan PWNU JATIM Gus Masrullah,LC   dan MWC NU Turen , akhirnya terbentuklah Unit Pengumpul Zakat Infaq dan Sadaqah (Upzis) LAZISNU Kecamatan Turen. 

Upzis tersebut telah ter-SK-kan, sehingga mempunyai payung hukum yang jelas. Kepengurusan Upzis ini diisi oleh para kader NU yang mempunyai semangat luar biasa yang terdiri dari unsur MWCNU dan semua Banomnya.

"Alhamdulillah setelah melewati banyak tentangan dan tantangan, selepas melalui rintangan dan perjuangan akhirnya sa’at ini UPZISNU Kec Turen berhasil mengumpulkan KOIN yang tidak sedikit jumlahnya dan berada pada kisaran 200 juta an perbulan " ujar ketua MWC NU Turen Kyai Syafaat Muhammad.


Keinginan Ketua MWC NU Turenl itu, tiada lagi acara NU kedepannya, yang selalu membuat proposal atau menarik urunan. Sehingga mampu mewujudkan kemandirian organisasi, serta terjaganya marwah jamiyyah, dan organisasi menjadi sehat karena dihidupi dan digerakkan oleh seluruh lapisan warganya.


Konsep Infak lewat Gerakan Koin NU ini, bisa dikatakan sebagai langkah brilian dan taktis dalam menginplementasikan Konsep I'anah Syahriyyah yang terdapat dalam AD/ART NU.


Dengan Koin NU, diharapkan  tidak lama lagi organi sasi terbesar di wil kab Malang  dan Indonesia ini bisa melayani kebutuhan riil warganya, mulai urusan kesehatan hingga urusan jual beli dll.

Pihaknya mencontohkan, kegiatan NU yang dirancang untuk mewujudkan syi'ar agama, membimbing dan mengedukasi warga dan wahana pemantapan jamaah. Sarananya bisa diupayakan 'Gratis Total'. Karena dari  Koin NU ini bisa menyediakan sound sistem, terop, trak, kursi, dan lain- lain, apalagi bisa membeli Mobil Logistik NU.

Dengan Gerakan Koin NU ini, lanjut kiai Syafaat , juga bisa membiayai pengadaan Sertifikasi Tanah Masjid dan Musholla yang di wakafkan ke NU sehingga musola atau Masjid bisa lebih jelas Kelaminnya meminjam istilah Kyai Sibawaih ketua DMI juga khatib Syuriah PCNU Kab malang yakni Masjid hingga Musola supaya lebih jelas identitasnya maka harus jelas apakah bera;iran NU, Muhammadiyah,LDII atau yang lain, juaga membiayai seluruh kegiatan2 NU tingkat MWC seperti manakib Kubro, Pengkaderan atau PKPNU , dan membantu faqir ,duafa di wilayah MWC NU Turen melalui Ranting2nya,  Bahkan bisa juga membeli sound atau TOA Masjid seperti yang dilakukan Ranting NU Sawahan. 


Secara Bertahap Upzis Turenmempunyai 20.000  atau lebih kotak atau kaleng. Sehingga potensi infaq warga yang diproyeksikan saat ini kisaran 250 juta   lebih setiap bulannya bisa tergali dengan maksimal.

"Tentunya partisipasi warga NU perlu terus dibangkitkan dengan menjaga trust kepercayaan warga terhadap pengurus. Penggunaan hasil Koin NU yang mengedepankan asas manfaat untuk warga dan tepat sasaran, pelaporan keuangan publik yang akuntabel dan transparan merupakan keniscayaan," imbuhnya lagi. 

Pihaknya berharap, program-program sarat manfaat lebih banyak lagi yang bisa diwujudkan, dan NU semakin dirasakan manfaatnya dalam bentuk konkret. Buahnya, kata dia, NU akan  terus didukung dan dicintai oleh warganya.

Generasi muda diklaim akan berminat dan mau masuk ke dalam masjid yang tidak nampak, pesantren yang tidak kasat mata, rumah besar yang mengayomi dan nyaman dihuni yaitu NU. 

Sehingga mereka terjaga dari terkaman firqoh-firqoh radikal dan penggerogotan  aliran-aliran ekstrim yang juga terus mengembangkan sayapnya. "Kehadiran NU kian dibutuhkan dan dirasakan manfaatnya," tandasnya. 

MWC NU Turen , juga ingin menyediakan kantor yang terpadu untuk NU dan Banomnya. Masing-masing mempunyai ruangan khusus, administrasi dan arsip- arsip bisa tertata, langkah derap organisasi semakin terencana, terkoordinasi dan dipegang oleh kader- kader yang profesional, militan, penuh dedikasi kepada jami'yyah dan jamaah.

Semua program dimatangkan, langkah- langkah mengimplikasikan program diselaraskan dengan visi- misi organisasi, direalisasikan secara kolektif dengan penuh tanggung jawab dan bahkan saat ini guna mengikuti perkembangan maka proyek utama adalah mengenalkan NU di dunia maya melalui LTNNU yang baru saja terbentuk , bahkan di kantor MWC sa’at ini telah terpasang wifi yang siap untuk di gunakan dakwah di media sosial yang saat ini sangat ngetrend melebihi dunia nyata.


الحق بلا نظام يغلبه الباطل بنظام

 

Koin NU adalah pintu masuk untuk menata semua aspek berorganisasi. Semoga MWC NU Turen bisa mewujudkan, sebagai bentuk ihtiyar perbaikan.

ان اريد الا الاصلاح ما استطعت وما توفيقي الا بالله  -الاية

 

bisa sedikit memberi inspirasi kepada MWC NU yang lain. Semoga Allah swt selalu meridhoi dan semoga kita senantiasa dalam hidayah dan pertolongan-Nya. Aminkan," pungkasnya.

Sumber : Afif

Berita Lainnya

Comments