Kiai Marzuqi, Ulama 'Hujjatul Nahdlatul Ulama'

Foto: Nukita.id

NUKITA.ID, MALANG – Sosok KH Marzuqi Mustamar lahir dari keluarga yang taat beragama. Sejak kecil sudah dikenalkan dengan Al Quran. Bahkan sejak kelas 4 di Madrasah Ibtidaiyah, Marzuqi kecil sudah dikenalkan dengan ilmu alat (_nahwu dan shorof_). Bahkan sudah dikenalkan dengan ilmu Tasawuf dan ilmu _Fiqih_.

Sejak kecil, Kiai Marzuqi belajar di Kota Malang, Jawa Timur. Ia adalah anak kedua dari delapan bersaudara. Sejak kecil, banyak belajar ilmu agama, kepada KH Ridwan dan banyak kiai lainnya di Jawa Timur.

Bahkan, sejak masih duduk di bangku SMP, sudah diminta untuk mengajar ilmu Al Quran dan kitab-kitab salaf kepada anak-anak dan tetangga dilingkungannya. Kecerdasan Kiai Marzuqi sudah terlihat sejak masih kecil. Saat masih duduk di kelas 3 SMP, ia sudah khatam dan faham kitab Mutammimah.

Penampilan Kiai Marzuqi, memang sangat sederhana dan apa adanya. Kadang orang tidak mengira bahwa ia adalah seorang kiai. Namun, dibalik kesederhanaan, tersimpan lautan ilmu yang begitu luas. Kiprahnya di masyarakat sudah tidak diragukan lagi. Dalam bertutur kata sangat lugas dan tegas.

Kiai yang lahir di Blitar, 22 September 1966 itu, sejak masih menjadi santri, sudah sering diminta untuk mendampingi dakwah KH A Masduqi Machfudz, saat mengisi pengajian maupun dalam rapat-rapat organisasi kemasyarakatan.

Dari situlah, Kiai Marzuqi mulai mengetahui betapa beratnya tugas seorang ulama dalam mengayomi umat. Dari gurunya yang juga Rais Syuriah PWNU Jawa Timur itu, Kiai Marzuqi banyak belajar akan keistiqamahan menjadi seorang guru. 

Jabatan yang pernah diibannya adalah pernah menjabat Ketua Tanfidiyah PCNU Kota Malang selama dua periode. HIngga saat ini sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad, Kota Malang. Dosen di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dan kini menjabat sebagai Ketua PWNU Jawa Timur.

Puluhan karya yang sudah ditulisnya. Salah satunya kitab berjudul _Al-Muqtathafat li ahl al-Bidayat_. Ia telah sukses menyusun sebuah kitab tentang dasar-dasar atau dalil-dalil amaliyah warga _nahdliyin_. Karena kecerdasan, kealiman dan kedalaman ilmuanya soal amaliyah NU, KH Baidhawi Muslich, Ketua MUI Kota Malang memberi julukan kepada Kiai Marzuqi sebagai ulama “Hujjatul Nahdlatul Ulama”. Itulah sosok singkat KH Marzuqi Mustamar.(*)

Berita Lainnya

berita terbaru
Ulama Aswaja

NU dan Thoriqot Two in One .

22/07/2019 - 09:21

berita terbaru
Gerakan Pentong Koin NU

Dana KOIN Klunting MWC NU Turen Penuh Amanah

22/07/2019 - 07:55

Comments