PCNU Kabupaten Malang: Perkuat Edukasi Politik, Jangan Menebar Provokasi

Ketua PCNU Kabupaten Malang dr.Umar Usman. (FOTO: Istimewa)

NUKITA.ID, MALANG – Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang, Jawa Timur, dr Umar Usman, meminta kepada seluruh warga Nahdliyin atau warga NU, dan rakyat Indonesia pada umumnya, usai Pemilu 2019, diharapkan tidak menyebar infomasi hoaks dan menebar provokasi yang berakibat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kami meminta kepada seluruh peserta Pemilu 2019, dan pihak-pihak yang terlibat didalamnya, untuk bersedia menerima hasil Pemilu 17 April 2019 ini dengan ikhlas dan lapang dada serta dipenuhi rasa tanggung jawab untuk senantiasa menjaga tali silaturahmi, persaudaraan, keselamatan , persatuan dan kesatuan NKRI,” katanya, Kamis (18/4/2019).

Hasil Pemilu 2019 jelasnya tokoh NU yang dikenal dengan sebutan ‘dokter masyarakat’ itu, rakyat Indonesia menunggu dengan sabra hasil final dari KPU RI. Jika ada persoalan apapun, harus ditempuh secara hokum. “Karena Indonesia negara hokum yang demokratis,” jelasnya.

Kepada seluruh tokoh masyarakat beber dr Umar, tokoh agama hingga tokoh partai politik dimohon untuk memperkuat edukasi politik kepada masyarakat dengan tidak menebar provokasi dan ujaran kebencian yang dapat membahayakan stabilitas nasional seperti aksi protes massal dan cara-cara inkonstitusional lainnya seperti people power.

“Mari Bersama-sama mencintai NKRI dan tetap setia pada Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Karena itulah substansi Indonesia. Hormati perbedaan pendapat. Jangan sampai saling hujat dan menyalahkan,” katanya.   

Terakhir, dr Umar juga berharap kepada seluruh aparat keamanan untuk semakin meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta bertindak tegas terhadap setiap potensi konflik sosial politik pasca pemungutan suara Pemilu 17 April 2019 yang mengarah kepada disintegrasi bangsa.

Bagi warga NU tambah dr Umar, menjaga, merawat dan mempertahankan NKRI adalah harga mati. “Maka, siapapun yang mencoba mengganggu keamanan dan kedamaian Indonesia, rakyat Indonesia lawannya. Dari itu, mari Bersama-sama kembali merajut persatuan dan kesatuan untuk keutuhan NKRI,” ajak Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr Umar Usman.(*)

Comments