Bertajuk Jatim Open, Matsnuepa Gelar Ganesa V

Matsnuepa saat menjadi Juara Umum Lomba Pramuka SMP/MTs se-Jawa Timur di SMAN Blitar. (FOTO: Dok. Matsnuepa)

NUKITA.ID, MALANG – Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama Pakis (Matsnuepa) kembali menggelar gebyar acara Pramuka, Get Absoute Nerve of Scout Action (Ganesa). Tahun 2019 ini menjadi tahun ke-5 Ganesa digelar. Dengan tajuk Ganesa V Jawa Timur Open rencananya akan dilaksanakan pada, Minggu (24/3/2019).

Ganesa V Jatim Open adalah sebuah ajang ke-Pramuka-an tingkat provinsi yang di gelar oleh salah satu sekolah NU di Kabupaten Malang. Yakni, Matsnuepa.

Kepala Matsnuepa, Dr Najmah Katsir menjelaskan kepada NUKita bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan berbagai kegiatan yang menarik dan mengandung unsur pendidikan dengan menggunakan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.

"Gerakan Pramuka sejatinya membentuk manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur, sehat jasmani dan rohani serta mampu menjadi Warga Negara Indonesia yang berjiwa Pancasila," jelasnya.

Sebagai organisasi non formal tambah Najmah, "Yang selalu dituntut untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman namun dengan tetap membawa nilai-nilai dasar yang mencerminkan karakter yang kariim, maka perlu diadakannya kegiatan-kegiatan yang mengacu pada tujuan tersebut," tambahnya.

Lebih lanjut salah satu doktor yang juga pengurus PC LP Maarif NU Kabupaten Malang ini menambahkan jika Matsnuepa sebagai salah satu pangkalan yang merasa harus ikut serta dalam menjaga dan mengembangkan karakter bangsa, dengan bangga akhirnya mempersembahkan Ganesa V Jawa Timur Open ini.

Beberapa cabang lomba yang akan dilaksanakan diantaranya, kontes yel Semaphore, Pionering, Sandi Morse dan Semaphore, Hand Lettering, Treasure Hunter, dan Pantomim yang memperebutkan Trophy Bergilir Gubernur Jatim untuk juara I, Trophy LP Maarif NU Jatim untuk Juara II, dan Trophy LP Maarif NU Kabupaten Malang untuk Juara III.

"Semoga dengan dengan kegiatan Ganesa V Jawa Timur Open ini diharapkan dapat menggali potensi dan bakat para Pramuka khususnya di Matsnuepa sebagai cikal bakal atau pemuda bangsa yang sejati. Karena tumbuh danberkembangnya suatu negara juga terletak pada tangan-tangan pemudanya," pungkasnya. (*)

Comments