Hari Santri Nasional 2018

35.000 Santri Ikuti Apel Hari Santri Nasional PCNU Kabupaten Malang

Suasana apel peringatan Hari Santri Nasional 2018 di Kabupaten Malang (FOTO: Nukita.id)

NUKITA.ID, MALANG – Peringatan Hari Santri Nasional Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU ) Kabupaten Malang diperingati dengan cukup meriah di Lapangan Gunung Kembar, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Senin (22/10/2018).

Ribuan santri dari perwakilan masing-masing pondok pesantren dan madrasah gegap gempita mengikuti apel.

Sekretaris panitia Hari Santri Nasional PCNU Kabupaten Malang, Gus Taufiq mengatakan, bahwa dalam apel ini diikuti oleh 35 ribu santri yang hadir. 

Ia mengatakan peringatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengenang jasa para santri dan ulama yang turut beejuang merebut kemerdekaan dan mendirikan bangsa Indonesia. 

"Hari santri ini adalah momen bersejarah bagi para santri, untuk meneladani perjuangan santri dan ulama dalam mendirikan NKRI," katanya.

Diketahui, dalam peringatan Hari Santri Nasional 2018 di Kabupaten Malang, terdiri dari dua rangkaian acara yakni Gerak Jalan Santri Sarungan dan Apel Hari Santri Nasional.

Gus Taufiq menyampaikan dalam kegiatan Hari Santri Nasional tahun ini mengangkat tema "Bersama Santri Damailah Negeri". Momen Hari Santri Nasional, ditujukan untuk mempertegas peran santri sebagai agen perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi beragama di Indonesia.

"Santri bukan hanya kalangan yang mendalami agama semata tapi juga generasi yang terus mengembangkan ilmu dan karakternya dengan karakter bijak, moderat, toleran, dan cinta Tanah Air," katanya.

Selain itu, Gus Taufiq juga menyampaikan terima kasih pada pemerintah Indonesia yang telah menetapkan Hari Santri Nasional. " Hadiah bagi santri dan seluruh rakyat Indonesia," katanya. 

Pada peringatan ini turut hadir sejumlah tokoh masyarakat dan Forkopimda Kabupaten Malang, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, Ketua PCNU Umar Usman, seluruh jajaran pengurus PCNU dan badan otonom NU.

Comments