Sukses, 30 ribu Orang Ramaikan Jalan Sehat Sarungan

Para Undangan ketika menyanyikan lagu ya lal wathon.

NUKITA.ID, TUREN – Jalan Sehat Sarungan sebagai rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional (HSN) 2018 yang digelar oleh PCNU Kabupaten Malang berjalan sukses. Kurang lebih 30 ribu orang warga NU memadati Stadion Gunung Kembar, Turen pada Minggu (21/10) kemarin. Antusiasmi warga sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan tersebut.

"Dengan peringatan ini diharapkan dapat menjadi momentum kebangkitan santri," kata Ketua PCNU Kabupaten Malang, dr Umar Usman kepada NUkita.id

Sebab, lanjut Umar, dengan ditetapkan sebagai Hari Nasional pada 2015 lalu, melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, diharapkan dapat digunakan untuk mengenang dan meneladani perjuangan para ulama dan santri saat ikut dalam perjuangan demi merebut keutuhan NKRI.

"Jika mengaca pada sejarah, para ulama dan santri ikut serta dalam perjuangan dengan menggunakan bambu runcing, yang kini kita kenang menjadi Hari Pahlawan. Jangan sia-siakan pahalwan," pungkasnya

Penanggungjawab jalan sehat sarungan, Husnul Hakim Syadad mengapresiasi antusiasme warga dan berharap acara ini bisa menjadi momentum agar seluruh warga ikut memaknai perayaan HSN 2018 dengan baik.

"Terima kasih atas kehadirannya, telah ikut serta memeriahkan Jalan Sehat Santri Sarungan dalam rangka Hari Santri Nasional 2018," kata Husnul Hakim Syadad.

Acara tersebut dihadiri oleh para kiai, Ketua PCNU dr Umar Usman, Ketua GP Ansor Husnul Hakim Sadad, Plt Bupati Malang H Sanusi, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung, Dandim 0818 Letkol (inf) Ferry Muzawwad, dan Ketua DPRD Kabupaten Malang Hari Sasongko. Hadir juga artis Krisdayanti ditemani suaminya Raul Lemos, Dewan Penasihat Brawo 5, Doris Panjaitan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Hari Santri Kabupaten Malang, Saiful Arif mengatakan kegiatan ini diikuti lebih dari 30 ribu santri dan masyarakat umum.Peserta jalan sehat ini menempuh jarak sejauh 4 kilometer dengan memakai sarung sebagai simbol tradisi dan busana ala santri.

’’Nanti juga kan digelar apel Hari Santri Nasional. Akan ada Bazarnya juga. Apel HSN akan diikuti oleh 10 ribu warga NU,’’ kata dia. (*)

Comments