Polres Malang Gandeng NU dan Muhammadiyah Jaga Kamtibmas Pemilu 2019

Foto: Istimewa

NUKITA.ID, MALANG – Polres Malang menggandeng kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah untuk menjaga Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) Pemilihan Umum 2019.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengukuhkan dai kamtibmas yang berasal dari NU dan Muhammadiyah ditiap kecamatan se Kabupaten Malang yang digelar di Gedung Sanika Satyawada Polres Malang, Kamis (30/8/2018).

"Keberadaan dai Kamtibmas di wilayah hukum Polres Malang sudah ada sejak lama. Namun selama ini mayoritas dan hampir seluruhnya Kyai Dai Kamtibmas hanya berasal dari rekan-rekan (NU). Untuk kekompakan dan sinergitas hari ini Polres Malang juga memilih dan mengukuhkan para Dai Kamtibmas yang berasal dari rekan-rekan Muhammadiyah dari tiap-tiap Kecamatan," papar Kapolres.

Saat ini terdapat 120 orang dai Kamtibmas se Kab Malang. Terdiri dari 60 dari NU dan 60 dari Muhammadiyah.

Kapolres berharap adanya dai kamtibmas ini dapat meredam suasana politik yang makin panas dan menekan kriminalitas, dikarenakan pada tanggal 17 April 2019 akan digelar pesta demokrasi Pileg dan Pilpres.

“Ada 3 indikator suksesnya pemilu yaitu tingkat partisipasi masyarakat tinggi, proses tahapan berjalan lancar, serta aman dan kondusif. Polri sudah mempersiapkan diri dalam melaksanakan pengamanan dengan akan menggelar operasi mantab brata,” tegas Ujung.

Pada kesempatan itu, Polres Malang bersama, dai kamtibmas, Mui, Forkopimda, FKUB, dan Perwakilan Seluruh Ormas se Kabupaten Malang  juga melakukan pembacaan ikrar serta  penandatangan deklarasi mendukung pileg dan pilpres 2019 yang damai dan Kondusif. (*)

Comments