Kader Muda NU di Kabupaten Malang Terus Kampanye Literasi

Foto: Timesindonesia

NUKITA.ID, MALANG – Acara positif dalam mengisi Ramadhan, digelar para pemuda Nahdlatul Ulama(NU) di Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Minggu (3/6/2018). Salah satunya seminar Literasi dan kampanye literasi.

Dalam acara itu juga digelar pelatihan menulis bagi kader muda NU. Acara yang digelar di Pesantren An Nuuru ini diikuti kurang lebih seratus siswa NU. 

Acara ini diselenggarakan oleh Ansor dan IPNU Tirtoyudho dan media online NUKita.id bekerjasama dengan Masyarakat Literasi Indonesia (MLI).

Suasana heboh terlihat sepanjang acara yang digelar seharian penuh. Semisal, saat seorang narasumber Irham Thoriq dari Radar Malang meminta siswa menuliskan pengalaman mereka yang paling berkesan. Para siswa-pun malu-malu saat tulisan mereka dibacakan.

Pelatihan dengan praktek menulis langsung ini dilakukan agar siswa tidak hanya paham teori, tapi langsung belajar menulis. 

Dalam kesempatan itu, siswa diajari menulis dengan cara efektif dan efisien. "Menulis itu tidak boleh boros kata-kata, kalau ada kata dihapus tidak mempengaruhi makna, maka hapus aja, karena itu sudah pemborosan," kata Thoriq.

Sedangkan pemateri lainnya yakni Sahrul Karim meminta siswa agar melek literasi. "Literasi akan membuka wawasan kita," kata pria yang juga menjabat sebagai kepala sekolah SMP Global Islamic School, Al Amin ini.

Sedangkan M Yasin Arief, founder sabda perubahan yang selama ini banyak mengunggah konten positif di media sosial, berharap para siswa agar bijak bermedia sosial. 

Menurut dia, banjir informasi membuat hoax bertebaran di mana-mana. "Dengan literasi hoax bisa ditangkal, dengan membaca kita tak berpikir dangkal," katanya setengah berpantun. 

Di akhir acara, peserta diminta menulis karya apa saja yang mereka bisa. Nantinya, karya itu akan dibukukan. Harapannya, gerakan positif ini bisa menular ke siswa lain diberbagai kecamatan di Malang Raya. Acara ini disupport oleh Masyarakat Literasi Nusantara (MLI) yang merupakan lembaga konsen pada literasi dan pelatihan. Rencananya, MLI akan menggelar acara serupa diberbagai kecamatan dan desa di Malang Raya dan Jawa Timur. 

Sementara itu, dalam acara ini hadir juga anggota DPR RI Lathifah Sohib. Perempuan yang juga keponakakan Gus Dur ini memberi motivasi kepada para siswa.

"Harus terus semangat belajar menulis dan literasi bagi pemuda NU," katanya. Dalam kesempatan itu, Lathifah juga memberikan hadiah kepada siswa yang nantinya karyanya dinilai menjadi yang terbaik.(*)

Sumber: Timesindonesia

Comments